Air zam zam adalah air yang terdapat di kota Makkah, Arab Saudi dan diyakini oleh umat muslim sebagai air yang suci dan berkhasiat. Air zam zam dipercaya memiliki sejarah yang panjang dan terkait dengan kisah Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail.

Menurut legenda, air zam zam muncul ketika Nabi Ibrahim meninggalkan istrinya, Hajar dan putranya, Nabi Ismail, di lembah Makkah yang tandus dan tandus. Dalam pencarian air, Hajar berlari bolak-balik antara bukit Safa dan Marwah sampai ia mendapat air zam zam dari Allah SWT. Air ini kemudian menjadi sumber air yang mengalir hingga saat ini.

 

Air zam zam memiliki kandungan mineral yang tinggi dan diyakini memiliki khasiat penyembuhan bagi orang yang sakit. Sejak lama, umat muslim telah meminum air zam zam untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Bahkan dalam beberapa studi, air zam zam telah terbukti memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Selain memiliki khasiat kesehatan, air zam zam juga memiliki makna spiritual yang dalam bagi umat muslim. Dipercaya bahwa minum air zam zam dapat membantu membersihkan hati dan memperkuat iman seseorang. Oleh karena itu, banyak orang yang datang ke kota Makkah untuk beribadah dan meminum air zam zam sebagai bagian dari ritual mereka.

 

Bagi umat muslim yang melakukan ibadah haji atau umroh, minum air zam zam adalah bagian dari ritual yang harus dilakukan. Sebelum melakukan tawaf di sekitar Ka’bah, jamaah harus meminum air zam zam dan mendoakan diri sendiri agar diampuni dosanya dan diberkahi dalam ibadahnya.

Namun, sebagai air yang sangat berharga dan penting bagi umat muslim, air zam zam sering kali dipalsukan dan dijual dengan harga yang sangat mahal. Oleh karena itu, ketika membeli air zam zam, penting untuk memastikan bahwa air tersebut asli dan berasal dari sumber yang terpercaya.

Secara keseluruhan, air zam zam memiliki makna spiritual dan khasiat kesehatan yang penting bagi umat muslim. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke kota Makkah, minum air zam zam harus menjadi bagian dari pengalaman spiritual dan medis seseorang. Namun, perlu diingat bahwa penting untuk memastikan bahwa air zam zam yang dibeli asli dan terpercaya.

 

Jumlah Air Zam Zam Yang Dapat Dibawa Ke Indonesia Tiap Jamaah

 

Setiap jamaah yang melakukan ibadah umrah atau haji di Tanah Suci Mekah berkesempatan untuk membawa pulang air zam zam sebagai oleh-oleh. Namun, terdapat aturan khusus yang harus dipatuhi dalam jumlah air zam zam yang boleh dibawa pulang ke Indonesia.

Menurut aturan yang berlaku, setiap jamaah hanya diperbolehkan membawa air zam zam sebanyak 5 liter dalam bentuk kemasan atau botol. Hal ini untuk mencegah penyalahgunaan dan menjaga ketersediaan air zam zam bagi jamaah yang lain.

Namun, terdapat juga aturan tambahan dari pihak maskapai penerbangan yang mengangkut air zam zam. Beberapa maskapai hanya memperbolehkan membawa air zam zam dalam jumlah tertentu, bahkan ada yang tidak mengizinkan sama sekali.

 

Oleh karena itu, sebaiknya jamaah memastikan terlebih dahulu kebijakan maskapai penerbangan yang akan digunakan sebelum membawa air zam zam ke Indonesia. Jika ingin membawa lebih dari 5 liter, maka dapat membeli air zam zam dalam kemasan di toko oleh-oleh di Mekah atau Madinah yang telah terpercaya.

Selain itu, jamaah juga sebaiknya memeriksa kemasan air zam zam sebelum dibeli. Pastikan kemasan masih tersegel dan belum rusak, sehingga kualitas air zam zam yang dibawa pulang tetap terjaga.

Air zam zam memiliki makna dan keutamaan tersendiri bagi umat Muslim, sehingga banyak jamaah yang ingin membawa pulang air tersebut sebagai kenang-kenangan dan untuk berbagi kebaikan kepada keluarga dan kerabat di tanah air. Namun, tetap harus mematuhi aturan yang berlaku agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

 

Khasiat Air Zam Zam

 

Air Zam Zam adalah air suci yang berasal dari sumur Zam Zam di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Sebagai air yang dianggap suci dan berkhasiat, Air Zam Zam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan keagamaan umat Islam. Berikut adalah beberapa khasiat Air Zam Zam:

 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh: Air Zam Zam memiliki kandungan mineral yang tinggi, seperti magnesium, kalsium, natrium, dan kalium. Kandungan mineral ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit.
  • Menjaga keseimbangan elektrolit: Kandungan mineral dalam Air Zam Zam juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang penting untuk fungsi normal sel dan jaringan.
  • Menjaga kesehatan pencernaan: Air Zam Zam memiliki kandungan mineral yang dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, dan sakit perut.
  • Menghilangkan dahaga: Air Zam Zam memiliki rasa yang segar dan dapat membantu menghilangkan dahaga. Kandungan mineralnya juga dapat membantu menghidrasi tubuh.
  • Berkhasiat untuk penyembuhan: Selain manfaat kesehatan, Air Zam Zam juga dianggap memiliki khasiat untuk penyembuhan. Dalam Islam, Air Zam Zam sering digunakan dalam doa-doa penyembuhan dan dianggap memiliki kekuatan penyembuhan.

 

Harga Air Zam Zam di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada ukuran kemasan dan tempat pembelian. Namun, karena Air Zam Zam diimpor langsung dari Arab Saudi, harganya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan air mineral lokal. Namun, banyak orang masih memilih untuk membeli Air Zam Zam karena khasiatnya yang dianggap lebih baik daripada air mineral biasa.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday