Umroh – Hampir sebagian besar umat Muslim di seluruh dunia berkeinginan untuk melaksanakan ibadah umroh. Kamu harus melakukan persiapan yang matang untuk itu, terutama mengingat biaya umroh yang mahal.

Biaya paket umroh sangat dipengaruhi oleh rencana perjalanan dan travel umroh yang akan Kamu dan Keluarga lakukan.

Berikut ini adalah informasi mengenai harga umroh tahun 2023 sebagai contoh bagi Kamu yang ingin melaksanakannya, termasuk Rincian harga, paket umroh yang berbeda, dan Tips persiapan.

Rincian Harga Umroh Terbaru

Harga umroh pada tahun 2023 akan bervariasi tergantung pada sejumlah variabel, termasuk tanggal keberangkatan, lama perjalanan, jenis paket umroh, dan fasilitas yang ditawarkan oleh travel umroh.

Rincian harga untuk umrah pada tahun 2023 adalah sebagai berikut:

  • Biaya penerbangan: kiTips Rp 8-12 juta
  • Biaya visa umrah: 300 Riyal, atau kiTips Rp1,1 juta.
  • Biaya asuransi perjalanan: kiTips Rp500.000
  • Biaya Akomodasi :Tergantung pada paket umroh yang dipilih, biaya penginapan dapat berkisar antara Rp15 juta hingga Rp30 juta.
  • Biaya transportasi di Arab Saudi kiTips Rp500.000.
  • Biaya makanan dan minuman: kiTips Rp5-7 juta
  • Biaya perlengkapan umroh: kiTips Rp2 juta
  • Biaya lain-lain: kiTips Rp 1-2 juta.

Jadi, tergantung dari jenis paket umroh dan fasilitas yang ditawarkan, total biaya umroh di tahun 2023 bisa berkisar antara Rp30 juta hingga Rp58 juta. Selain itu, ada kalanya biaya umroh juga akan meningkat, seperti pada bulan Ramadhan.

Mengingat biaya umroh yang mahal, banyak orang yang mulai membuka tabungan umroh di bank syariah agar persiapan biaya ini menjadi lebih mudah dan para penggunanya dapat berbagi keuntungan.

Biaya Umroh Bervariasi Berdasarkan Paket

Jenis paket yang ditawarkan oleh travel umroh juga dapat mempengaruhi berapa biaya umroh.

Ada tiga kategori umum paket umroh yang tersedia untuk Kamu, antara lain:

Biaya Umroh Reguler

Jenis pertama adalah umroh biasa. Paket umroh ini merupakan paket stKamur yang biasanya sudah termasuk tiket pesawat, akomodasi di hotel bintang empat, transportasi, dan perlengkapan umroh.

Paket umroh biasa berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 25 juta pada tahun 2023. Di Tanah Suci, kegiatan ibadah umroh berlangsung selama 9-13 hari.

Ketika jumlah minimum jamaah yang diperlukan, biasanya 25 orang yang terdaftar, tercapai, metode untuk perjalanan umrah reguler dilakukan, dan jamaah umrah kemudian diberangkatkan.

Biaya Umrah Plus

Selain itu, ada paket umroh plus yang memudahkan rombongan kecil untuk melakukan perjalanan bersama, seperti keluarga. Jamaah umroh akan mendapatkan fasilitas yang sama dengan umroh plus.

Akan ada beberapa perbedaan, seperti adanya hotel bintang lima di dekat Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

Biaya per orang biasanya berkisar antara Rp28.000.000 hingga Rp35.000.000.

Biaya Umroh VIP (Plus City Tour)

Paket umroh VIP atau dikenal juga dengan umroh plus wisata kota adalah pilihan terakhir. Kamu akan mendapatkan fasilitas tambahan berupa paket liburan selain perjalanan umroh dalam paket umroh ini.

Turki dan Dubai sering menjadi lokasi yang digunakan untuk paket umroh plus city tour. Tidak diragukan lagi biayanya akan meningkat. Biasanya, antara Rp 37 hingga 40 juta per orang.

Tips untuk Mempersiapkan Umrah

Umroh tidak membutuhkan antrian panjang, sedangkan haji membutuhkan antrian yang panjang, yang harus direncanakan bertahun-tahun sebelumnya. Haji hanya dapat dilakukan selama bulan Dzulhijjah, sedangkan umrah dapat dilakukan kapan saja.

Namun, perjalanan ini membutuhkan perencanaan yang matang, seperti halnya ibadah haji. Perjalanan ke Tanah Suci harus berjalan lancar dan senyaman dan seaman mungkin.

Berikut adalah beberapa Tips untuk memulai persiapan umroh yang dapat Kamu gunakan untuk memenuhi ibadah Kamu dengan lebih baik:

  • Jadilah Konsisten dan disiplin.

Kamu harus rajin menyisihkan uang karena biaya umroh tidaklah murah. Jadikan mengumpulkan uang sebagai motivasi utama dalam beribadah agar terasa lebih ringan.

Dengan bekerja tambahan, berjualan online, atau melakukan investasi, Kamu bisa menambah penghasilan dan membuat uang mengalir lebih cepat.

  • Lengkapi dokumen yang diperlukan untuk umroh.

Kamu dapat mulai membayar seluruh paket umroh saat Kamu menyiapkan anggaran. Dengan demikian, dokumen-dokumen tersebut sudah tersedia untuk digunakan ketika waktu pelaksanaan ibadah umroh tiba.

Beberapa bulan sebelum perjalanan, kumpulkan dokumen yang diperlukan, termasuk visa umroh, paspor, pas foto, kartu meningitis kuning yang masih berlaku, dan catatan vaksinasi.

  • Siapkan fisik yang bugar

Seperti yang sudah diketahui, ibadah umroh melibatkan tuntutan fisik. Dimulai dengan Ka’bah (tawaf) dan berlari tujuh kali dalam lingkaran pendek dari Safa ke Marwah (sa’i).

Tawaf dan Sa’i setidaknya akan menempuh jarak setidaknya 4,55 kilometer dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, menjaga kesehatan fisik sangat penting saat mengunjungi Tanah Suci.

Jika Kamu berniat untuk melaksanakan ibadah umroh, sebaiknya Kamu mulai mempersiapkan diri dengan mengonsumsi vitamin, tidur yang cukup, dan berolahraga.

  • Pelajari hukum Arab Saudi.

Jika Kamu ingin beribadah dengan lebih aman dan mudah di Arab Saudi, penting juga bagi Kamu untuk memahami beberapa aturan.

Misalnya, Kamu diharuskan untuk berpakaian formal, tidak bercumbu, menggunakan kata-kata kotor, menunjukkan tindakan rasisme atau diskriminasi, dan menunjukkan bahasa tubuh yang buruk. Piagam Kesopanan Publik mencantumkan panduan ini).

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday