Cara Agar Terhindar dari Godaan Jin Qorin

Jun 21, 2024Info, Artikel

Jin adalah makhluk gaib yang diciptakan dari api tanpa asap. Mereka memiliki akal, tersembunyi, dan dapat berubah bentuk menjadi berbagai wujud. Dalam Al-Qur’an dan hadits, disebutkan bahwa jin telah diciptakan Allah jauh sebelum manusia.

Secara umum, bentuk dan rupa jin tidak jauh berbeda dengan manusia. Salah satu jenis jin yang disebutkan dalam Al-Qur’an adalah jin qarin. Apa itu jin qarin?

Jin Qorin Itu Apa?

Jin qorin adalah makhluk ciptaan Allah yang diciptakan serupa dengan manusia sebagai pendamping hidupnya. Mengutip laman IAIN Jember, “Qorin” diambil dari kata “Qorona” yang berarti menemani atau menyertai. Qorin bisa dimaksudkan sebagai setan yang selalu menyertai manusia dan yang selalu berusaha untuk menjerumuskannya. Penggunaan bentuk kata tunggal dari qorin mengisyaratkan seseorang yang tidak mau mengikuti tuntunan agama.

Qorin ada pada setiap individu, bukan pada setiap kelompok hanya memperoleh satu qorin. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا وَقَدْ وُكِّلَ بِهِ قَرِينُهُ مِنْ الْجِنِّ قَالُوا وَإِيَّاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ وَإِيَّايَ إِلَّا أَنَّ اللَّهَ أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلَا يَأْمُرُنِي إِلَّا بِخَيْرٍ

Artinya: “Tidak ada satupun orang kecuali akan dibersamai oleh seorang qarin dari kalangan jin.” para sahabat berkata: Engkau juga ya rasulullah? Beliau ﷻ bersabda: Akupun juga, namun Allah menolongku, sehingga dia pun tunduk dan tidak memerintahkanku kecuali suatu kebaikan.” (HR Muslim).

Allah berfirman dalam surat Az-Zukhruf ayat 36.

وَمَنْ يَّعْشُ عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمٰنِ نُقَيِّضْ لَهٗ شَيْطٰنًا فَهُوَ لَهٗ قَرِيْنٌ

Siapa yang berpaling dari pengajaran (Allah) Yang Maha Pengasih (Al-Qur’an), Kami biarkan setan (menyesatkannya). Maka, ia (setan) selalu menemaninya.

Qorin mengajak manusia pada kedurhakaan, menganiaya diri sendiri dan menolak peringatan Allah. Manusia dan qorin tersebut berada dalam siksaan yang sangat pedih karena sikap menyekutukan Allah dan saling bekerjasama dalam kedurhakaan kepada Allah. Allah juga berfirman dalam surat Az-Zukhruf ayat 38:

حَتَّىٰٓ إِذَا جَآءَنَا قَالَ يَٰلَيْتَ بَيْنِى وَبَيْنَكَ بُعْدَ ٱلْمَشْرِقَيْنِ فَبِئْسَ ٱلْقَرِينُ

Artinya: Sehingga apabila orang-orang yang berpaling itu datang kepada kami (di hari kiamat) dia berkata: “Aduhai, semoga (jarak) antaraku dan kamu seperti jarak antara masyrik dan maghrib, maka syaitan itu adalah sejahat-jahat teman (yang menyertai manusia)”.

Kata “hatta” mempunyai arti sehingga, dalam arti batas akhir dari persahabatan dan penyesatan qarin. Sang qorin akan selalu bersamanya sampai dia wafat atau dibangkitkan oleh Allah.

Di samping itu, menurut tafsir Al Azhar, terdapat ayat yang berisi bahwa manusia tidak dibiarkan hidup sendiri oleh Allah. Dengan senantiasa mengingat Allah, maka malaikat dikirim oleh Allah untuk menjadi temannya (qorin) dan akan memeliharanya.

وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهٖ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةًۗ حَتّٰٓى اِذَا جَاۤءَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُوْن

Arab latin: wa huwal-qâhiru fauqa ‘ibâdihî wa yursilu ‘alaikum ḫafadhah, ḫattâ idzâ jâ’a aḫadakumul-mautu tawaffat-hu rusulunâ wa hum lâ yufarrithûn

Artinya: Dialah Penguasa mutlak di atas semua hamba-Nya, dan Dia mengutus kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila kematian datang kepada salah seorang di antara kamu, malaikat-malaikat Kami mencabut nyawanya, dan mereka tidak melalaikan tugasnya.

Dalam hal ini, qorin atau teman berupa malaikat akan selalu membisikan untuk tidak takut dan bersedih dalam menghadapi ujian hidup. Akan tetapi, jika manusia tersebut lengah dari mengingat Allah, maka malaikat itu menjauh, dan setanlah yang akan menjadi temannya.

Sementara, setan tidak hanya terbatas pada manusia dan jin, tapi juga bisa berarti pelaku suatu perbuatan yang buruk, tidak menyenangkan, atau tercela. Orang-orang yang tidak beriman kepada Allah mengangkat setan sebagai teman.

Di sisi lain, menurut Quraisy Shihab, kata Qorin menunjukkan sesuatu yang menyertai seseorang, bisa berupa manusia, setan, jin, atau malaikat. Qorin yang berupa setan akan menjerumuskan manusia, bahkan qorin akan mempengaruhi manusia baik atau buruk. Sementara qorin yang berupa malaikat akan mengingatkan dalam hal kebaikan dan tidak melalaikan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Cara Agar Terhindar dari Godaan Jin Qorin yang Menyesatkan

Untuk menghindari godaan qorin yang menyesatkan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh umat muslim. Berikut di antaranya.

  1. Perkuat Iman

Kekuatan dari jin Qorin akan melemah jika iman seseorang kuat. Semakin kuat iman, maka semakin lemah kekuatan jin qorin.

  1. Menjadi Muslim yang Taat

Sebagai seorang muslim, hendaknya kita mematuhi segala perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala dan menjauhi laranganNya. Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menolong hamba-hambaNya yang taat,

  1. Perbanyak Dzikir

Perbanyak dzikir kepada Allah. Minta perlindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala dari gangguan jin qorin yang sesat.

Itulah penjelasan mengenai jin qorin serta cara menghindari ajakannya yang menyesatkan. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday