Doa untuk Kesehatan Mental

Jun 26, 2024blog, Info

Permohonan untuk kesehatan mental berupa zikir dan harapan yang dibaca oleh seorang muslim guna menjaga kondisi kejiwaannya. Harapan tersebut tentunya hanya dapat terwujud dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Menurut psikiater senior Dadang Hawari yang dikutip dari laman Kemenag, doa memiliki peran penting dalam perkembangan fisik dan mental. Sedangkan menurut Quraish Shihab, doa adalah bagian dari zikir dan permintaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Doa untuk Kesehatan Mental Arab, Latin, dan Terjemah

Dikutip dari laman NU Online, berikut beberapa doa untuk kesehatan mental yang dianjurkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

  1. Doa untuk Kesehatan Mental Riwayat Imam An-Nasa’i
    Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah mengajarkan doa untuk menjaga kesehatan mental kepada Siti Fatimah. Beliau menganjurkan Sang Putri untuk membacanya di pagi dan sore hari dengan bacaan berikut.

    يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ

    Arab Latin: Yā hayyu, yā qayyūmu, bi rahmatika astaghītsu, ashlih lī sya’nī kullahū, wa lā takilnī ilā nafsī tharfata ‘aynin.

    Artinya: “Wahai Dzat yang maha hidup dan maha kekal abadi, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan. Bawakanlah kemaslahatan pada segala urusanku. Janganlah Kau biarkan aku sendiri menyelesaikan urusan meski sekejap.” (HR An-Nasa’i, Ibnu Sunni, Al-Hakim, Al-Baihaqi).

  2. Doa untuk Kesehatan Mental Riwayat Ahmad bin Amr bin Dhahak
    Doa berikut adalah permintaan yang sering diucapkan Rasulullah ketika menghadapi lawan di bukit Uhud. Ahmad bin Amr bin Dhahak meriwayatkan doa ini yang berisikan pertolongan untuk mengatasi berbagai urusan.

    يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ ، اكْفِنِي كُلَّ شَيْءٍ وَلا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ

    Arab Latin: Yā hayyu, yā qayyūmu, bi rahmatika astaghītsu, ikfinī kulla syai’in, wa lā takilnī ilā nafsī tharfata ‘aynin

    Artinya: “Wahai Zat yang maha hidup dan maha kekal abadi, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan. Cukupilah aku dalam mengatasi segala urusan. Janganlah Kaubiarkan aku sendiri menyelesaikan urusan meski sekejap.” (HR Ahmad bin Amr bin Dhahak).

  3. Doa untuk Kesehatan Mental Riwayat Bukhari
    Berdasarkan Kitab Al-Adabul Mufrad karya Imam Bukhari dijelaskan, terdapat doa yang dianjurkan dibaca ketika buntu atau hampir putus asa menangani masalah. Mengamalkan doa ini dapat membantu seseorang mencari jalan keluar atas masalah yang menimpanya.

    اللهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُوْ وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ لَا اِلَهَ اِلَّا أَنْتَ

    Arab Latin: Allāhumma, rahmataka arjū, wa lā takilnī ilā nafsī tharfata ‘aynin, ashlih lī sya’nī kullahū, lā ilāha illā anta.

    Artinya: “Ya Allah, kepada rahmat-Mu kuberharap. Janganlah Kau biarkan aku sendiri menyelesaikan urusan meski sekejap. Bawakanlah kemaslahatan pada segala urusanku. Tiada Tuhan selain Engkau.” (HR Bukhari dalam Kitab Al-Adabul Mufrad).

  4. Doa agar Dimudahkan dan Disempurnakan Allah Subhanahu wa Ta’ala
    رَبِّ يَسِرْ لَنَا وَلَا تُعَمِّرْ عَلَيْنَا رَبِّي تَمِّمْ لَنَا بِالخَيْرِ أَعْمَالَنَا

    Arab Latin: Robbi yassir wala tu’assir ‘alaynaa rabbii tammim lana bal khoiro a’maalanaa.

    Artinya: “Ya Tuhanku, mudahkanlah segala sesuatu bagi kami, janganlah Kau persulit atas kami. Yaa Allah Tuhanku, berikanlah kesempurnaan atas kami dengan segala kebaikan atas perbuatan kami.” (HR Bukhari Muslim).

  5. Doa untuk Membuka Pintu Hidayah Urusan Dunia dan Akhirat
    رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاحِيْنَ

    Latin: Robbanaftah baynanaa wabayna kouminaa bilhaqqi wa anta khoirul faatihiin.

    Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil). Engkaulah pemberi keputusan terbaik.” (QS. Al A’raf ayat 89)

Zikir Penenang Jiwa untuk Kesehatan Mental

Dikutip dari artikel ilmiah berjudul Manfaat Zikir dan Doa Menurut Quraish Shihab Bagi Kesehatan Mental karya Ari Siswoyo, zikir dapat menimbulkan ketenangan dan ketentraman jiwa.

Menurut Hasbi Ash Syiddieqy, zikir tidak hanya menyebut nama Allah melalui tasbih, tahlil, tahmid, dan takbir. Tapi juga dalam doa, zikir, sholat, dan membaca basmalah.

Berikut lafadz zikir yang bisa dibaca untuk kesehatan mental mengutip Buku Doa Zikir Mohon Perlindungan & Ketenangan Hati Karya Darul Insan.

  1. Zikir Dimudahkan Segala Urusan
    لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

    Arab Latin: La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin

    Artinya: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.”

  2. Zikir agar Diberikan Kelapangan Hati
    رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

    Arab Latin: Robbisrohlii sodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’

    Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

  3. Zikir agar Terhindar dari Keburukan
    اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

    Arab Latin: Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat

    Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian.”

  4. Zikir agar Hati Memperoleh Ketetapan Hidayah
    رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

    Arab Latin: Rabbana la tuzigh qulubana ba’da idz hadaitana wahablana min ladunka rahmatan innaka antal wahhab

    Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (karunia).”

  5. Zikir Mengatasi Kesedihan Mendalam
    لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّماَوَاتِ، وَرَبُّ اْلأَرْضِ، وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ

    Latin: Laa ilaaha illallahul ‘adziim al haliim laa ilaaha illallah rabbul ‘arsyil ‘azhiim, laa ilaaha illallah rabbus samaawati wa rabbul ardli wa rabbul arsyil kariim

    Artinya: “Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Yang Maha Agung lagi Maha Penyantun. Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb (Pemilik) ‘Arsy yang agung. Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb langit dan juga Rabb bumi, serta Rabb pemilik ‘Arsy yang mulia.”

Selain untuk kesehatan mental, manfaat lain zikir yang lain adalah:

  • Memperlancar rezeki
  • Memunculkan rasa istiqomah di segala urusan
  • Selalu merasa takut dan diawasi oleh Allah
  • Menjadi penerang di kala diri dalam kondisi yang salah
  • Menghapus dosa dan memperbanyak amal kebaikan
  • Terhindar dari godaan setan
  • Selalu diberikan ketenangan dan rasa aman
  • Mendapat perlindungan dan dijauhkan dari bencana.

Membaca doa untuk kesehatan mental beserta zikir dapat dilakukan setiap saat, terutama ketika mengalami tekanan batin, demi kebaikan tiap muslim. Tentunya usaha menjaga kesehatan mental harus dibarengi penerapan pola hidup sehat sehari-hari.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday