Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat Muslim yang mampu. Ibadah haji dilakukan di Kota Makkah, Arab Saudi, dan dilakukan pada waktu yang telah ditentukan, yaitu pada bulan Zulhijjah. Namun, sebelum melaksanakan haji, ada beberapa hukum yang harus dipahami oleh umat Muslim. Berikut adalah penjelasan tentang hukum ibadah haji secara lengkap.

 

Wajib bagi orang yang mampu dan dilarang bagi orang yang tidak mampu

Melakukan ibadah haji merupakan kewajiban bagi setiap orang Muslim yang telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, seperti memiliki kemampuan fisik dan finansial. Oleh karena itu, bagi yang mampu, haji menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan. Sedangkan bagi yang tidak mampu, haji dilarang untuk dilakukan karena akan menimbulkan kesulitan dan masalah yang lebih besar.

 

Melakukan haji hanya satu kali seumur hidup

Setiap orang Muslim hanya diperbolehkan melakukan ibadah haji satu kali seumur hidupnya. Jika seseorang telah melaksanakan haji, maka ia tidak boleh melakukannya lagi kecuali dengan mewakilkan orang lain.

 

Melakukan haji dengan cara yang benar

Melakukan haji harus dilakukan dengan cara yang benar, sesuai dengan tuntunan agama dan syariat Islam. Seorang jamaah haji harus mempelajari tata cara pelaksanaan haji, mulai dari miqat, tawaf, sa’i, wukuf, hingga tahallul. Selain itu, seorang jamaah haji juga harus menghindari tindakan-tindakan yang dilarang dalam haji, seperti bercukur rambut sebelum waktunya, bercampur-campur dengan non-mahram, dan lain sebagainya.

 

Tidak mengganti atau menambahkan syarat-syarat haji

Tata cara haji dan syarat-syarat yang harus dipenuhi telah ditetapkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Oleh karena itu, tidak ada orang yang diperbolehkan mengganti atau menambahkan syarat-syarat haji yang telah ditentukan.

 

Menjaga kebersihan dan kesehatan

Ketika melaksanakan ibadah haji, seorang jamaah haji harus menjaga kebersihan dan kesehatannya agar tidak terkena penyakit dan menimbulkan masalah bagi jamaah lain. Hal ini termasuk menjaga kebersihan tempat penginapan, menghindari makanan yang tidak sehat, dan mengikuti tata cara menjaga kesehatan yang telah ditentukan.

 

Itulah beberapa hukum ibadah haji yang harus dipahami oleh setiap umat Muslim sebelum melaksanakan ibadah haji. Dalam melaksanakan ibadah haji, seorang jamaah haji harus menjaga keselamatan, kebersihan, dan kesehatannya serta menghindari tindakan-tindakan yang dilarang dalam haji. Semoga ibadah haji yang dilakukan oleh setiap umat Muslim diterima oleh Allah SWT

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday