Kurma Ajwa adalah salah satu jenis kurma yang berasal dari Madinah, Arab Saudi. Kurma ini dianggap memiliki banyak manfaat kesehatan dan dihargai tinggi oleh umat Islam karena disebutkan dalam hadis sebagai makanan yang dicintai oleh Nabi Muhammad SAW.

Kurma Ajwa memiliki tekstur yang lembut dan manis dengan rasa karamel. Kurma ini mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium.

 

Berikut adalah beberapa perbedaan antara kurma Ajwa dan jenis kurma lainnya:

Warna dan tekstur: Kurma Ajwa memiliki warna coklat kehitaman yang khas dan tekstur yang lembut. Sedangkan jenis kurma lainnya bisa memiliki warna yang bervariasi, mulai dari kuning hingga coklat, dan tekstur yang berbeda-beda.

Rasa: Kurma Ajwa memiliki rasa manis yang lembut dengan sedikit rasa karamel. Sedangkan jenis kurma lainnya bisa memiliki rasa yang lebih kuat atau bahkan agak pahit.

Ukuran: Kurma Ajwa relatif kecil dibandingkan dengan jenis kurma lainnya, namun memiliki biji yang lebih besar.

Kandungan nutrisi: Kurma Ajwa mengandung sejumlah nutrisi penting seperti serat, kalium, zat besi, kalsium, dan vitamin B kompleks. Namun, kurma Ajwa juga dikenal karena mengandung senyawa-senyawa aktif seperti polifenol dan flavonoid yang diyakini memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

Kepopuleran: Kurma Ajwa lebih populer di kalangan Muslim karena sering disebut-sebut dalam hadis sebagai kurma yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Oleh karena itu, kurma Ajwa sering dicari dan dikonsumsi sebagai makanan yang bermanfaat untuk kesehatan.

 

Beberapa manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan Kurma Ajwa antara lain:

Meningkatkan daya tahan tubuh: Kurma Ajwa mengandung senyawa polifenol dan antioksidan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

Mengatasi masalah pencernaan: Serat yang terkandung dalam Kurma Ajwa membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Menjaga kesehatan jantung: Kurma Ajwa mengandung kalium yang membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Menjaga kesehatan tulang: Kurma Ajwa mengandung zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium yang membantu menjaga kesehatan tulang.

Meningkatkan energi: Karbohidrat yang terkandung dalam Kurma Ajwa memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas.

Meningkatkan kekuatan seksual: Kurma Ajwa dianggap sebagai afrodisiak alami yang membantu meningkatkan kekuatan seksual pada pria.

Dalam Islam, Kurma Ajwa juga dianggap sebagai makanan yang diberkati dan dianjurkan untuk dimakan pada pagi hari sebagai sarapan. Ada banyak hadis yang menyebutkan tentang manfaat dan keutamaan dari Kurma Ajwa, sehingga banyak umat Islam yang mengonsumsinya sebagai bagian dari praktik keagamaan mereka.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun Kurma Ajwa memiliki banyak manfaat kesehatan, konsumsi dalam jumlah yang berlebihan juga dapat berdampak negatif pada kesehatan. Sebaiknya, konsumsi Kurma Ajwa sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat.

 

Harga Kurma Ajwa

Harga kurma ajwa dapat bervariasi tergantung pada negara, lokasi, dan ketersediaan stok. Di negara-negara produsen kurma seperti Arab Saudi, harga kurma ajwa dapat lebih terjangkau dibandingkan di negara-negara lain. Namun, karena kurma ajwa dikategorikan sebagai jenis kurma yang lebih langka dan berkualitas tinggi, harga biasanya lebih mahal daripada jenis kurma lainnya.

Di beberapa toko online atau pasar tradisional di Indonesia, harga kurma ajwa dapat bervariasi antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per kilogram tergantung pada merek dan kualitasnya. Namun, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda di tempat lain.

 

Cara makan kurma ajwa

Berikut adalah beberapa cara makan kurma ajwa:

Mengonsumsi langsung: Kurma ajwa bisa langsung dikonsumsi, baik itu dalam keadaan segar maupun kering. Anda bisa memakan kurma ini seperti memakan buah-buahan pada umumnya.

Merendam dalam air: Sebelum dikonsumsi, kurma ajwa bisa direndam dalam air selama beberapa jam. Cara ini bertujuan untuk membuat kurma ajwa lebih empuk dan mudah dicerna oleh tubuh.

Dicampur dengan susu: Anda juga bisa mencampur kurma ajwa dengan susu untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat dan bergizi. Campuran ini bisa dijadikan sebagai makanan atau minuman sehat.

Dibuat jus: Jus kurma ajwa juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati manfaat dari kurma ajwa. Anda cukup memeras kurma ajwa dan mencampurnya dengan sedikit air. Bisa juga ditambahkan madu atau susu untuk rasa yang lebih lezat.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun kurma ajwa memiliki manfaat yang banyak, konsumsilah dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday