Menjadi Muslim Yang Produktif

Aug 2, 2023Info

Dalam kehidupan masyarakat, aktivitas dalam bidang agama menjadi sarana penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Namun, adanya apatisme atau kurangnya kepedulian dan sikap curiga dapat menjadi hambatan dalam berkontribusi sebagai muslim yang produktif.

Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin tidak hanya mengajarkan cara beribadah dan berhubungan dengan sesama manusia. Lebih dari itu, Islam juga mendorong manusia untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Dalam Islam, seorang muslim diajarkan untuk beribadah dengan sungguh-sungguh, baik dalam hal akhirat maupun ibadah muamalah (hubungan sosial).

Di tengah kesibukan dan kepadatan kehidupan masyarakat saat ini, seringkali manusia lupa akan tujuan dan esensi penciptaan dirinya sebagai khalifah dan beribadah kepada Allah. Beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai seorang muslim untuk bukan hanya berfokus pada akhirat, namun juga menjalankan peran kehidupan yang baik dan benar adalah:

  1. Berdoa dan memohon pertolongan kepada Allah: Doa adalah langkah pertama yang harus diambil oleh seorang muslim. Memohon rida dan pertolongan Allah untuk memberkahi setiap aktivitas dan memberikan petunjuk serta kekuatan dalam melaksanakan perintah-Nya adalah hal penting. Doa untuk ilmu yang bermanfaat, rezeki yang berkah, dan amalan yang diterima harus senantiasa dilakukan.
  2. Merencanakan aktivitas harian dengan hal-hal yang bermanfaat: Seorang muslim harus memiliki perencanaan matang dalam aktivitas harian, mingguan, bulanan, dan bahkan tahunan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Dalam merencanakan, tetaplah berfokus pada pencapaian ilmu, rezeki yang baik dan halal, serta amalan yang diterima di sisi Allah.
  3. Menyibukkan diri dalam kebaikan: Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, sibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat seperti beribadah, mencari ilmu, berusaha mencari rezeki yang halal, dan berbuat baik kepada sesama. Berusahalah untuk membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat membantu mencapai tujuan hidup yang mulia.
  4. Menghadapi masa depan dengan persiapan: Seorang muslim harus bersiap menghadapi masa depannya dengan baik. Buatlah perencanaan untuk mencapai tujuan hidup yang agung, dan laksanakan perencanaan tersebut dengan sungguh-sungguh.

Dengan melaksanakan langkah-langkah tersebut, diharapkan setiap muslim dapat menjadi produktif dalam menjalani kehidupan. Semoga kita semua dapat mengamalkan ajaran Islam dengan baik dan menjadi muslim yang produktif. Amin.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday