Ihram adalah salah satu syarat utama dalam ibadah haji dan umrah yang harus dipenuhi oleh setiap muslim yang melakukan kedua ibadah tersebut. Ihram merupakan keadaan khusus yang ditandai dengan mengenakan dua helai kain putih yang dipakaikan pada tubuh laki-laki dan wanita yang melakukan haji atau umrah. Pakaian ihram ini memiliki aturan khusus yang harus ditaati.

Berikut adalah penjelasan lengkap ihram:
  1. Pengertian Ihram Ihram merupakan keadaan suci atau bersih yang menjadi syarat sahnya ibadah haji dan umrah. Dalam keadaan ihram, seorang muslim harus menghindari perbuatan-perbuatan yang dilarang, seperti memotong kuku, mencukur rambut, berjima’, mengenakan pakaian yang menutup seluruh tubuh, serta melakukan hal-hal lain yang bertentangan dengan tata cara ibadah haji dan umrah.
  2. Cara Mengenakan Ihram Untuk mengenakan pakaian ihram, laki-laki dan wanita harus mandi besar terlebih dahulu. Kemudian, laki-laki mengenakan dua helai kain putih tanpa jahitan dan wanita mengenakan pakaian yang menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Kain putih yang dipakai pada tubuh laki-laki disebut sebagai “izar” dan “ramal”.
  3. Larangan dalam Keadaan Ihram Dalam keadaan ihram, terdapat beberapa larangan yang harus ditaati oleh setiap muslim yang melakukan haji atau umrah. Beberapa larangan tersebut antara lain:
  • Tidak boleh memotong kuku atau rambut
  • Tidak boleh membunuh binatang, baik dengan sengaja maupun tidak sengaja
  • Tidak boleh berjima’ atau bersetubuh
  • Tidak boleh mengenakan pakaian yang menutup seluruh tubuh, seperti pakaian jas, baju koko, kaos kaki, dan sejenisnya
  • Tidak boleh memakai wangi-wangian, seperti minyak wangi atau parfum
  • Tidak boleh membunyikan musik atau bernyanyi
  1. Batas Waktu Ihram Setelah memasuki keadaan ihram, muslim harus membatasi waktu yang digunakan untuk berada dalam keadaan tersebut. Waktu ihram berakhir setelah selesai melaksanakan ibadah haji atau umrah, atau setelah melewati batas waktu tertentu yang disebut dengan miqat.
  2. Cara Mencabut Ihram Setelah selesai melaksanakan ibadah haji atau umrah, muslim dapat mencabut ihram dengan cara mandi besar dan memotong rambut atau cukur rambut. Setelah itu, mereka bebas melakukan segala aktivitas yang sebelumnya dilarang dalam keadaan ihram.

Itulah penjelasan lengkap tentang ihram dalam ibadah haji dan umrah. Ihram adalah suatu keadaan suci yang menjadi syarat utama sahnya ibadah haji dan umrah. Sebagai muslim yang melaksanakan ibadah haji atau umroh adalah hal yang wajib.

Harga Kain Ihram

Harga kain ihram dapat bervariasi tergantung pada kualitas dan merek yang dipilih. Kain ihram terbuat dari kain putih yang tipis dan lembut, biasanya terbuat dari bahan katun atau serat alami lainnya. Di Indonesia, harga kain ihram dapat berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 500.000, tergantung pada merek dan kualitas kainnya. Harga tersebut dapat berbeda-beda di setiap daerah. Namun, penting untuk memperhatikan kualitas dan keawetan kain ihram agar dapat digunakan dalam perjalanan haji atau umrah secara nyaman dan aman.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday