Masjid Umar bin Khattab adalah salah satu masjid yang terletak di kota Madinah, Arab Saudi. Masjid ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, karena merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Madinah dan juga karena didirikan oleh salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, yaitu Umar bin Khattab.

 

Sejarah Masjid Umar bin Khattab

Masjid Umar bin Khattab awalnya merupakan sebuah tempat yang tidak berpenghuni di luar Madinah yang digunakan sebagai tempat persinggahan para pedagang dan karavan yang melintas. Pada tahun ke-18 setelah hijrah, Umar bin Khattab menjadi khalifah dan memerintahkan untuk membangun sebuah masjid di tempat tersebut. Masjid ini dibangun untuk menampung jamaah yang semakin bertambah di Madinah dan juga sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial umat Islam.

 

Setelah dibangun, Masjid Umar bin Khattab mengalami beberapa kali renovasi dan perluasan. Pada tahun 1986, pemerintah Saudi melakukan perluasan masjid dengan menambahkan beberapa lantai dan fasilitas baru. Saat ini, Masjid Umar bin Khattab memiliki luas sekitar 7.770 meter persegi dan dapat menampung sekitar 5.000 jamaah.

 

Arsitektur Masjid Umar bin Khattab

Masjid Umar bin Khattab memiliki arsitektur yang sederhana namun indah. Bagian depan masjid dilengkapi dengan empat menara yang terbuat dari batu pasir putih dan berlapis emas. Di bagian tengah atap masjid terdapat sebuah kubah besar yang juga berlapis emas.

 

Bagian dalam masjid terdiri dari sebuah mihrab yang menghadap ke arah Makkah dan sebuah mimbar untuk khotbah. Selain itu, terdapat pula beberapa pintu dan jendela yang menghiasi dinding masjid. Dinding masjid dihiasi dengan kaligrafi Arab yang indah dan juga lukisan-lukisan Islamik.

 

Kegiatan di Masjid Umar bin Khattab

Masjid Umar bin Khattab menjadi tempat yang sangat penting bagi umat Islam di Madinah. Setiap hari, masjid ini dipenuhi oleh jamaah yang datang untuk melaksanakan shalat lima waktu dan juga shalat Jumat. Selain itu, masjid ini juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial umat Islam di Madinah, seperti pengajian, ceramah, dan kegiatan sosial lainnya.

 

Pada saat Ramadan, Masjid Umar bin Khattab menjadi tempat yang sangat ramai dikunjungi oleh jamaah dari seluruh dunia. Selain melaksanakan shalat tarawih dan shalat witir, masjid ini juga menyediakan makanan gratis untuk para jamaah yang berpuasa.

 

Masjid Umar bin Khattab adalah salah satu masjid tertua dan terpenting di Madinah, Arab Saudi. Dibangun oleh Umar bin Khattab pada tahun ke-18 setelah hijrah, masjid ini menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial umat Islam di Madinah.

 

Fakta Unik Masjid Umar bin Khattab

 

Masjid Umar bin Khattab di Madinah, Arab Saudi, juga memiliki sejumlah fakta unik yang menarik untuk diketahui. Berikut adalah beberapa fakta tersebut:

 

Dibangun di tempat yang strategis

Masjid Umar bin Khattab terletak di dekat tempat strategis di Madinah, yaitu di sebelah selatan Masjid Nabawi dan di dekat Bukit Uhud. Hal ini membuat masjid ini menjadi salah satu masjid yang paling strategis dan penting di Madinah.

 

Masjid ini dibangun pada masa kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab

Masjid Umar bin Khattab dibangun pada masa kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab, salah satu sahabat Rasulullah SAW dan khalifah kedua dalam sejarah Islam. Khalifah Umar membangun masjid ini sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan masyarakat Muslim di Madinah.

 

Arsitekturnya unik

Arsitektur Masjid Umar bin Khattab di Madinah memiliki ciri khas yang unik, yaitu adanya dinding yang terbuat dari batu bata kuno dan langka. Batu bata ini dipercaya berasal dari zaman Rasulullah SAW dan digunakan untuk membangun tembok-tembok yang mengelilingi Madinah pada masa itu.

 

Tempat penyelesaian masalah

Masjid Umar bin Khattab di Madinah juga memiliki sejarah sebagai tempat penyelesaian masalah atau perundingan. Khalifah Umar bin Khattab sering mengadakan pertemuan dengan para sahabat di masjid ini untuk membahas masalah-masalah penting dalam kehidupan masyarakat Muslim.

 

Koleksi manuskrip langka

Masjid Umar bin Khattab di Madinah juga memiliki koleksi manuskrip yang langka, di antaranya adalah manuskrip Al-Quran kuno yang diperkirakan berasal dari abad ke-8 Masehi. Manuskrip ini memiliki gaya penulisan yang khas dan menjadi bukti sejarah tentang perkembangan tulisan Arab pada masa itu.

 

Menjadi tujuan wisata religi

Masjid Umar bin Khattab di Madinah juga menjadi salah satu tujuan wisata religi yang populer bagi umat Muslim dari seluruh dunia. Setiap tahun, jutaan jamaah haji dan umrah datang ke Masjid Umar bin Khattab untuk beribadah dan mempelajari sejarah Islam di Madinah.

 

Itulah beberapa fakta unik tentang Masjid Umar bin Khattab di Madinah, Arab Saudi. Sebagai salah satu masjid yang paling penting dalam sejarah Islam, masjid ini memiliki sejarah yang panjang dan menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat Muslim di Madinah.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday