Waktu Mustajab untuk Berdoa dalam Islam

Aug 9, 2023Info

Dalam Islam, berdoa merupakan aktivitas yang sangat penting dan sering dikaitkan dengan istilah mustajab. Mustajab adalah isim maf’ul dari kata istajaaba yang berarti dijawab, diterima, atau dikabulkan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mustajab diartikan sebagai lekas, menyembuhkan, mujarab, atau manjur. Arti ini menggambarkan bahwa doa yang mustajab adalah doa yang dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Artikel ini akan menjelaskan waktu-waktu khusus yang dianjurkan dalam Islam untuk berdoa agar doa menjadi mustajab.

  1. Dua Per Tiga Malam:

Waktu dua per tiga malam, sekitar pukul 00.00 – 03.00 dini hari, diyakini memiliki keistimewaan tersendiri dalam Islam. Pada saat ini, pikiran berada dalam kondisi gelombang alfa dan beta, sehingga afirmasi atau doa yang dipanjatkan akan tertanam di pikiran bawah sadar. Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam juga menyatakan bahwa doa pada waktu ini akan dikabulkan.

  1. Waktu Antara Adzan dan Iqamah:

Saat mendengar adzan, kita dianjurkan untuk berhenti beraktivitas dan berdoa. Begitu juga saat mendekati waktu iqamah, waktu ini juga dianggap mustajab untuk berdoa. Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam pernah menyebutkan bahwa doa antara adzan dan iqamah adalah doa yang tidak tertolak.

  1. Hari Jumat:

Hari Jumat merupakan hari yang istimewa dalam Islam, dan Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan keutamaan khusus pada hari ini. Oleh karena itu, kesempatan terkabulnya doa di hari Jumat sangat besar. Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam bersabda bahwa ada waktu khusus di hari Jumat di mana doa-doa akan dikabulkan.

  1. Sesudah Sholat Fardhu:

Setelah menunaikan sholat fardhu 5 waktu, kita dianjurkan untuk berdoa. Waktu ini juga termasuk dalam waktu mustajab. Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam menyatakan bahwa doa yang paling didengar oleh Allah Subhanahu wa ta’ala adalah setelah menunaikan sholat fardhu.

  1. Ketika Turun Hujan:

Saat turun hujan, Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan kesempatan bagi setiap hamba-Nya untuk berdoa dan memohon segala hajat dan kebaikan. Hujan yang turun merupakan rahmat dari Allah dan memohon dalam waktu ini diyakini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

  1. Sujud saat Sholat:

Sujud merupakan posisi paling dekat dengan Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu, saat sujud adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam menganjurkan untuk memperbanyak doa pada saat sujud.

Berdoa merupakan aktivitas penting dalam Islam, dan ada waktu-waktu khusus yang dianjurkan untuk berdoa agar doa menjadi mustajab. Waktu-waktu tersebut mencakup dua per tiga malam, waktu antara adzan dan iqamah, hari Jumat, sesudah sholat fardhu, saat turun hujan, dan saat sujud dalam sholat. Memanfaatkan waktu-waktu mustajab ini dengan berdoa akan mendekatkan kita pada pengabulan doa oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday