Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah yang sangat diidamkan oleh umat Muslim. Melakukan umroh merupakan suatu kehormatan dan kesempatan yang langka untuk mendapatkan pahala besar dari Allah SWT. Namun, tidak jarang ada beberapa orang yang melakukan umroh namun ibadahnya tidak diterima. Ada beberapa penyebab mengapa ibadah umroh tidak diterima, di antaranya sebagai berikut:

 

Kurangnya Niat Ikhlas

Niat yang ikhlas adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan ibadah umroh. Ketika niat kita tidak ikhlas, maka ibadah umroh yang kita lakukan tidak akan diterima oleh Allah SWT. Kita sebaiknya melakukan ibadah umroh dengan niat yang tulus dan ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

 

Berbuat Dosa

Berbuat dosa selama perjalanan menuju ke tanah suci atau selama menjalankan ibadah umroh akan mempengaruhi diterimanya ibadah tersebut. Kita harus menjaga diri dari segala bentuk dosa selama perjalanan dan selama menjalankan ibadah agar ibadah umroh yang kita lakukan dapat diterima oleh Allah SWT.

 

Kurangnya Khusyuk dan Kontemplasi

Khusyuk dan kontemplasi adalah dua hal yang sangat penting selama menjalankan ibadah umroh. Ketika kita kurang khusyuk dalam melaksanakan ibadah, maka ibadah umroh yang kita lakukan tidak akan diterima oleh Allah SWT. Oleh karena itu, kita sebaiknya berusaha untuk tetap khusyuk selama ibadah dan berkontemplasi dalam setiap gerakan ibadah.

 

Tidak Mematuhi Aturan-aturan Agama

Agama Islam memiliki aturan-aturan yang harus kita taati selama menjalankan ibadah umroh. Ketika kita tidak mematuhi aturan-aturan agama, maka ibadah umroh yang kita lakukan tidak akan diterima oleh Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus memahami aturan-aturan agama dan menjalankan ibadah umroh dengan benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

Memiliki Niat Mengagungkan Diri Sendiri

Ketika kita melakukan ibadah umroh dengan tujuan untuk mengagungkan diri sendiri atau untuk menunjukkan kepada orang lain, maka ibadah umroh yang kita lakukan tidak akan diterima oleh Allah SWT. Kita sebaiknya menjalankan ibadah umroh dengan niat yang benar dan ikhlas semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

 

Tidak Berbuat Baik pada Sesama

Ketika kita tidak berbuat baik pada sesama selama perjalanan atau selama menjalankan ibadah umroh, maka ibadah umroh yang kita lakukan tidak akan diterima oleh Allah SWT. Kita sebaiknya selalu berusaha untuk berbuat baik pada sesama dan memperkuat tali silaturahmi.

 

Demikianlah beberapa penyebab ibadah umroh tidak diterima. Kita harus berusaha untuk menghindari hal-hal tersebut agar ibadah umroh yang kita lakukan dapat ditetrima Allah SWT

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday