Kesehatan dalam Islam sangat ditekankan sebagai bagian dari kepercayaan dan praktek keagamaan. Islam mengajarkan bahwa kesehatan fisik, mental, dan spiritual sangat penting dalam menjalani kehidupan yang seimbang dan produktif.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat diikuti untuk menjaga kesehatan dalam Islam:

Menjaga makanan halal dan toyyib: Islam memerintahkan umatnya untuk hanya mengonsumsi makanan yang halal dan toyyib (bersih, sehat, dan baik). Dalam Al-Qur’an disebutkan, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu” (QS. Al-Baqarah: 172). Menjaga makanan yang dikonsumsi dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Berolahraga secara teratur: Olahraga teratur dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental. Dalam Islam, olahraga juga dianggap sebagai ibadah jika dilakukan dengan niat yang benar. Rasulullah SAW juga dikenal sebagai orang yang rajin berolahraga dan berjalan kaki.

Menghindari makanan yang berlebihan: Islam mengajarkan umatnya untuk makan dengan sederhana dan menghindari makanan yang berlebihan. Dalam Al-Qur’an disebutkan, “Dan makanlah dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan” (QS. Al-A’raf: 31).

Tidur yang cukup: Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Dalam Islam, tidur juga dianggap sebagai ibadah jika dilakukan dengan niat yang benar.

Mempraktekkan kebersihan diri: Kebersihan diri termasuk ke dalam ajaran Islam. Rasulullah SAW sangat menekankan pentingnya menjaga kebersihan, baik dari segi tubuh maupun lingkungan sekitar. Dalam Al-Qur’an disebutkan, “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang suka membersihkan diri” (QS. Al-Baqarah: 222).

Menjaga kesehatan mental: Kesehatan mental juga sangat penting dalam Islam. Islam mengajarkan umatnya untuk menghindari stres dan kecemasan dengan cara berdoa dan berdzikir. Dalam Al-Qur’an disebutkan, “Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Menghindari perilaku yang berbahaya: Islam juga mengajarkan umatnya untuk menghindari perilaku yang berbahaya seperti merokok, minum alkohol, dan menggunakan narkoba. Dalam Al-Qur’an disebutkan, “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya meminum khamar, berjudi, berkorban untuk berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka janganlah kamu mengikuti langkah-langah itu agar kamu beruntung” (QS. Al-Ma’idah Ayat 90).

Demikian beberapa cara yang dapat diikuti untuk menjaga kesehatan dalam Islam.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday