Haji dan Umroh adalah rukun Islam yang kelima. Banyak hikmah yang terkandung di dalamnya. Haji dan umroh merupakan bentuk pertemuan antara kesadaran batin dan kecerdasan rasional.

Setiap orang yang menjalankan ibadah ini pasti memiliki pengalaman spiritual yang berbeda. Bahkan terkadang terkesan tidak masuk akal atau di luar dugaan manusia.

Taat dan pasrah kepada Allah Swt. Itulah bentuk utama dari pelaksanaan ibadah haji dan umrah di tanah suci. Kita memenuhi panggilan Allah dengan menempuh perjalanan yang jauh, menghabiskan biaya yang tidak sedikit dan waktu yang lama, serta harus berpisah dengan sanak saudara, keluarga dan harta benda.

Tujuannya hanya satu, yaitu melaksanakan tugas mulia melalui ibadah dan ritual sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Hikmah haji dan umroh salah satunya adalah akan meningkatkan ketaatan dalam hal ibadah kepada Allah SWT. Hubungan secara vertikal maupun horisontal juga akan meningkat setelah melaksanakan ibadah haji maupun umroh. Lantas apa saja hikmah haji dan umroh bagi umat Islam? Simak ulasan selengkapnya

 

1. Mendapat Balasan Surga

Hikmah haji dan umroh yang pertama adalah akan mendapat balasan surga. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis Rasulullah SAW.

Beliau bersabda: “ Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Menjawab Panggilan Allah SWT

Hikmah haji dan umroh yang kedua yaitu sebagai jawaban atas panggilan Allah SWT. Sebab orang yang melaksanakan ibadah haji dan umroh adalah orang yang menjawab panggilan-Nya untuk menjadi tamu di Tanah Suci.

3. Menghapus Segala Dosa

Pengampunan dari Allah Swt ini adalah hal yang menjadi hikmah haji dan umroh, sebab manusia adalah tempatnya salah dan dosa.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, ia berkata: Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, ” Umroh satu ke umroh lainnya merupakan penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain surga.” (HR Bukhari dan Muslim)

 

Sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis:

“ Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan-Nya. Maka dari itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri.” (HR Ibnu Majah)

 

4. Pahala Berlipat

amalan ibadah haji dan umroh baik sunnah maupun wajib akan diganjar dengan pahala yang berlipat.

Salah satu hadis Nabi SAW menjelaskan orang yang telah melaksanakan ibadah haji dan umroh dengan baik, maka ia pulan ke negara asalnya bagaikan bayi suci yang baru lahir.

Rasulullah SAW bersada: “ Siapa yang berhaji ke Baitullah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR Bukhari)

5. Meningkatnya Kualitas Ibadah

Biasanya orang yang merasa telah melakukan banyak dosa akan sering putus asa dalam ibadah. Akan tetapi Allah SWT menjanjikan akan menghapus dosa-dosanya jika mau melaksanakan ibadah haji secara ikhlas.

 

Pengampunan ini tentu akan membuat seseorang semakin bersemangat menjalankan ibadah-ibadah lain, baik wajib maupun sunnah. Sebab ia sadar betul, bahwa Allah Maha Pengampun untuk hamba-hamba yang penuh dosa.

Demikian 5 Hikmah dan Manfaat Haji dan Umroh, semoga bermanfaat

 

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday