Keutamaan Puasa Nisfu Syaban

Feb 22, 2024Artikel, Info

Keutamaan puasa Nisfu Syaban terletak waktu mengerjakannya yaitu bulan Syaban. Sebab, letaknya di antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan, bulan suci umat Islam.

Pada bulan Syaban ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengangkat semua amal manusia. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Sesungguhnya Rajab itu adalah bulan Allah, Syaban bulan saya, dan Ramadhan bulan umat saya.” (Durratun Nasihin 1: 163)

  1. Mendapatkan Syafaat

Pada bulan Syaban banyak sekali jalan untuk mencapai kebaikan, salah satunya puasa nisfu syaban. Pada malam Nisfu Syaban, Allah Subhanahu wa Ta’ala menganugerahi syafaat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bagi orang yang berhak menerimanya kelak bagi yang memperbanyak bacaan sholawat.

وَالثَّانِي عَشَرَ صَوْمُ شَعْبَانَ، لِحُبِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَهُ. فَمَنْ صَامَهُ نَالَ شَفَاعَتَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya, “Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Syaban, karena kecintaan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang menguasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat.” (Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi, Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în, [Bairut, Dârul Fikr], h. 197).

  1. Mendapatkan Pahala Setara 70 Nabi

Keutamaan puasa Nisfu Syaban lainnya adalah diberi balasan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala seperti pahala 70 nabi ditambah dengan pahala ibadah selama 70 tahun. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Siapa (orang) yang berpuasa 3 hari sejak awal Syaban dan 3 hari di pertengahannya kemudian 3 hari di akhirnya niscaya Allah menuliskan baginya 70 pahala para Nabi dan dia diberi pahala sama dengan orang yang beribadah kepada Allah selama 70 tahun dan sekiranya mati, di tahun itu akan menjadi mati syahid.”

Niat Puasa Nisfu Syaban dan Artinya

Adapun niat puasa Nisfu Syaban yang bisa diucapkan dalam hati serta dilafalkan adalah sebagai berikut.

نويت صوم غد عن شهر شعبان سنة لله تعالى

Nawaitu shauma ghadin ‘an syahri sya’ban sunnatan lillaahi ta’ala.

Artinya: Saya niat berpuasa besok dari bulan Syaban sunnah karena Allah Ta’ala.

Demikian pembahasan mengenai pahala puasa Nisfu Sya’ban. Selain berpuasa, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah lain, seperti salat sunnah dan membaca Al-Qur’an.pahala