Melakukan ibadah umroh adalah impian setiap umat Muslim. Selain melaksanakan ibadah, mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Mekah dan Madinah juga menjadi salah satu tujuan umat Muslim saat melakukan umroh. Berikut adalah beberapa tempat yang harus dikunjungi saat umroh:

 

Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah masjid yang terletak di Mekah, Arab Saudi, dan dianggap sebagai tempat suci terbesar dalam agama Islam. Masjid ini memiliki nilai sejarah dan religius yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Masjidil Haram menjadi tempat utama bagi umat Muslim dalam melaksanakan ibadah haji dan umroh. Di dalam masjid ini terdapat Ka’bah, bangunan yang dianggap sebagai tempat paling suci dalam agama Islam dan menjadi arah kiblat dalam shalat bagi seluruh umat Muslim di dunia. Selain itu, Masjidil Haram juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti hotel, restoran, dan toko-toko yang memudahkan para jamaah dalam menjalankan ibadah mereka. Masjidil Haram memiliki kapasitas yang sangat besar, bisa menampung jutaan jamaah pada saat-saat tertentu, terutama pada musim haji dan umroh.

 

Ka’bah

Ka’bah adalah tempat yang paling suci bagi umat Muslim. Selama mengunjungi Masjidil Haram, jangan lupa untuk berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berputar mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali.

 

Jabal Nur

Jabal Nur adalah sebuah gunung kecil yang terletak di Mekah, Arab Saudi. Gunung ini menjadi salah satu tempat penting bagi umat Muslim karena di dalamnya terdapat Gua Hira, tempat di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril. Jabal Nur sendiri memiliki arti “Gunung Cahaya” dalam bahasa Arab, dan nama ini berasal dari cahaya yang memancar dari gua tersebut ketika wahyu pertama turun kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Kini, setiap tahunnya, ribuan jamaah haji dan umroh berkunjung ke Gua Hira di Jabal Nur untuk mengenang peristiwa penting dalam sejarah Islam tersebut. Pendakian ke Jabal Nur cukup menantang, namun pemandangan yang disuguhkan sangat indah. Di sepanjang jalan menuju gua terdapat toko-toko yang menjual berbagai macam cendera mata, sehingga para jamaah dapat membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan. Meskipun cukup sulit untuk dijangkau, tempat ini tetap menjadi tujuan penting bagi umat Muslim di seluruh dunia yang ingin merasakan pengalaman spiritual yang mendalam dan mengenang perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyampaikan risalah Islam.

 

Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad setelah tiba di Madinah. Masjid ini memiliki sejarah yang sangat penting dan menjadi tempat yang sangat disakralkan bagi umat Muslim.

 

Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang terbesar di dunia setelah Masjidil Haram, terletak di kota Madinah, Arab Saudi. Masjid ini dibangun pada masa kekuasaan Nabi Muhammad SAW, sebagai tempat utama dalam melaksanakan aktivitas keagamaan dan sosial bagi umat Islam di kota Madinah pada masa itu. Masjid Nabawi dianggap sebagai tempat suci kedua dalam agama Islam setelah Masjidil Haram di Mekah.

 

Masjid Nabawi memiliki sejarah yang sangat penting bagi umat Muslim. Di dalam masjid ini terdapat Raudhah, sebuah area kecil yang terletak di antara mimbar dan makam Nabi Muhammad SAW, yang dianggap sebagai tempat yang sangat suci bagi umat Islam. Masjid Nabawi juga memiliki berbagai fasilitas modern seperti toilet, musholla, dan kantor informasi bagi para jamaah. Masjid ini mampu menampung sekitar 1 juta jamaah pada saat musim haji dan umroh, dan menjadi salah satu tempat tujuan utama bagi jamaah yang ingin melaksanakan ibadah umroh atau ziarah ke kota Madinah.

 

Bukit Uhud

Bukit Uhud merupakan tempat di mana terjadi perang Uhud antara pasukan Muslim dengan pasukan musuh pada zaman Nabi Muhammad. Di sini terdapat makam para sahabat Nabi yang gugur dalam pertempuran tersebut.

 

Masjid Qiblatain

Masjid Qiblatain adalah masjid di mana perintah untuk mengubah kiblat dari Masjidil Aqsa ke Ka’bah dilakukan oleh Nabi Muhammad. Di dalam masjid ini terdapat dua mihrab yang menghadap ke dua arah kiblat, yaitu ke Masjidil Aqsa dan Ka’bah.

 

Makam Jannatul Baqi

Makam Jannatul Baqi adalah tempat pemakaman para sahabat Nabi Muhammad dan keluarganya. Tempat ini juga menjadi tempat penting bagi umat Muslim karena menjadi saksi sejarah kejayaan Islam di masa lalu.

 

Demikianlah beberapa tempat yang harus dikunjungi saat melakukan ibadah umroh. Selain mendapatkan pahala dari melakukan ibadah, mengunjungi tempat-tempat bersejarah tersebut juga dapat menambah pengetahuan dan memperkuat iman kita sebagai umat Muslim.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday